25 March 2014

Ziarah "Massal" Bersama Pemred dan Masyarakat Tandai Pembukaan MTQ

Tapteng (SIB)- Pembukaan MTQ Kabupaten Tapteng tahun 2014 , Senin (24/3/2014), berlangsung meriah, ditandai dengan ziarah "massal" ke Makam Papan Tinggi di kota tua Barus. bersama para Pemimpin Redaksi (Pemred)  masyarakat dan SKPD Pemkab  dipimpin Ketua MUI Tapteng, Ngadiman KS.

Menurut Ngadiman, Makam Papan Tinggi merupakan makam Tuan Syech Mahmud dari Hadral Maud  Negeri   Yaman yang seorang pedagang sekaligus penyiar agama Islam yang wafat pada tahun Ha'mim, Menurut penelitian ahli sejarah tahun Ha'mim adalah tahun 40 H.



Dalam sejarah Islam, tahun 40 H pada masa pemerintahan Halifah Usman Bin Affan atau abad pertama Hijriah (abad ke 7 M). Dari situs tersebut, dapat dimaklumi  abad ke 7 M agama Islam sudah sampai Bandar Barus.

Lebih lanjut, kata Ngadiman KS adanya,  Makam Papan Tinggi pertama sekali diketahui  pada abad ke 18 M di perpustakaan Leiden Belanda. Kemudian dicek kebenarannya dan memang ada Makam Tuan Syech Mahmud.  berada di ketinggian sekira 800 anak tangga.

Selepas ziarah dilanjutkan dengan pawai taaruf yang dibuka Bupati Tapteng Raja Bonaran Situmeang, start dari pelataran Makam Papan Tinggi  diikuti sekitar 700-an warga diiringi Marching Band menuju Lapangan Merdeka Barus. Ketua Umum Panitia MTQ, Aris Sutrisno mengatakan dalam pawai taaruf juga diikuti segenap elemen maupun tokoh masyarakat.

(E5/w)


http://hariansib.co/view/Marsipature-Hutanabe/8962/Ziarah--Massal--Bersama-Pemred-dan-Masyarakat-Tandai-Pembukaan-MTQ.html#.UzGYb87Cb64

No comments:

Post a Comment

Barus